9 Inspirasi Gaun Pengantin Syar’i Simple Tapi Elegan, Yuk Simak!

gaun pengantin syar'i simple tapi elegan

Gaun pengantin adalah hal paling krusial saat hari pernikahan tiba. Untuk itu, kamu pun harus bisa memikirkan konsepnya dengan matang supaya terlihat paripurna di hari bahagia itu. Nah, bagi wanita muslim ada banyak sekali inspirasi gaun pengantin syar’i simple tapi elegan yang bisa kamu simak. Penasaran? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

9 Gaun Pengantin Syar’i Simple Tapi Elegan

Gaun pengantin yang syar’i dan menutupi lekuk tubuh pun bisa kamu buat sedemikian rupa supaya tetap terlihat elegan. Jadi kamu tidak perlu khawatir apabila modelnya hanya itu-itu saja. Sebagai referensi, inilah beberapa inspirasi yang bisa kamu pakai:

1. Gaun Modell Ball Gown

gaun pengantin syar'i simple tapi elegan
(sumber gambar: pinterest.com)

Gaun dengan model ball gown sangat kental dengan nuansa seperti di kerajaan. Bagian bawah gaun akan mengembang dan terlihat seperti setengah bola. Inilah yang menjadi ciri khas dari model gaun pengantin seperti ini. Supaya lekuk tubuh nggak terlalu terlihat, kamu bisa membuat potongan A line.

Kalau kamu mencari kesan gaun yang elegan, berkelas, dan ingin tampil seperti princess, gaun model ini tentu akan jadi jawaban yang tepat. Nantinya kamu bisa menambahkan wedding veil yang punya aksen rumbai supaya makin elegan dan glamor. Ditambah dengan hijab dengan model yang ringkas, penampilan kamu bisa makin berkelas!

2. Penggunaan Wedding Veil Bordir

Untuk model gaun yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin tampil sederhana, tapi tetap berkelas. Dengan model ini, maka penekanan kunci tampilan adalah di bagian wedding veil dan aksesoris hijab yang akan kamu kenakan. Jadi untuk gaunnya bisa menggunakan yang biasa dengan motif dan warna yang kalem.

Kemudian untuk membuat penampilan lebih tegas, kamu bisa mengenakan wedding veil yang memiliki aksen bordir. Selain itu, kamu pun bisa menggunakan aksesoris mahkota yang diletakkan pada bagian atas hijab. Jadi kamu akan mendapatkan tampilan yang berkelas bak putri kerajaan!

Untuk warna gaunnya sendiri bebas dan bisa kamu sesuaikan dengan konsep pernikahan dan selera. Sementara untuk wedding veilnya bisa kamu pilih warnanya yang senada dengan warna gaunmu. Tampil sederhana tapi tetap sangat menarik mata!

3. Gaun Pengantin Ruffle

Inspirasi gaun pengantin syar’i simple tapi elegan selanjutnya adalah yang memiliki model ruffle. Pemberian model ruffle ini memang bertujuan untuk memunculkan kesan berkelas dan juga mewah pada gaun yang kamu kenakan. Jadi meskipun gaunnya sederhana, kamu akan tetap sangat menarik dan stand out di hari pernikahan.

Untuk letak rufflenya sendiri bisa kamu pilih sesuai dengan preferensi. Bisa kamu letakkan di bagian pundak maupun dada. Bahkan kamu juga bisa meletakkannya pada ekor gaun. Untuk warnanya sendiri sangat bebas dan bisa kamu tentukan sesuai dengan kebutuhan konsep pernikahan.

4. Gaun Pengantin dengan Sentuhan Outer

Inspirasi selanjutnya yang bisa kamu terapkan untuk gaun pengantin syar’i adalah dengan menambahkan outer. Meski terkesan sederhana, tapi sentuhan outer bisa memberikan dampak yang besar ke penampilan gaun secara keseluruhan lho. Pasalnya, outer bisa memberikan kesan yang tegas sekaligus elegan pada gaun yang kamu pakai.

Nggak perlu terlalu besar seperti jubah atau cape, kamu pun bisa menggunakan outer simple yang terbuat dari bahan tulle dan jahit dengan model ruffle. Outer ini nggak terlalu berat sehingga kamu pun akan tetap nyaman untuk memakainya. Kalau gaun pengantinmu nggak ada ekor atau nggak memiliki ball gown, maka outer bisa jadi opsi terbaik.

5. Menambahkan Kristal Swarovski

Gaun pengantin syar’i simple tapi elegan juga bisa kamu dapatkan dengan tambahan aksen kristal. Umumnya penggunaan kristal swarovski memang bertujuan untuk menambahkan kesan elegan, mewah, dan glamor di suatu pakaian. Karena memang bentuknya yang kecil, tapi bisa terlihat sangat berkilai saat terkena cahaya. Nah, bahan ini juga bisa kamu aplikasikan ke gaun pengantin yang sederhana supaya nggak monoton.

Nantinya untuk warna gaun sebenarnya bisa kamu pakai warna apa saja sesuai dengan konsep pernikahan. Tapi, kebanyakan aksen kristal ini diberikan ke gaun dengan warna putih maupun warna yang berkesan pastel. Perpaduan warna yang kalem tapi berkilau bisa terlihat sangat cantik apalagi kalau memang gaunnya akan kamu kenakan di malam hari.

5. Gaun Frock dengan Ornamen

Inspirasi gaun pengantin selanjutnya adalah model gaun frock yang punya banyak ornamen. Frock sendiri adalah sebutan dari baju rock yang terlihat sederhana dengan bentuk rok yang melebar di bagian bawahnya. Konsep gaun seperti ini akan memiliki banyak sekali ornamen yang penuh dari bagian bahu sampai ke pinggang.

Nggak berhenti sampai disitu, ornamen juga akan lanjut sampai pinggang menuju rok bawah. Tujuan ornamen yang penuh ini adalah supaya gaun simple yang kamu pakai bisa tampil berkilau terutama ketika terkena cahaya. Jadi meski model gaunnya tidak ramai, tapi poin penarik perhatian dari gaun ini adalah ornamen tersebut.

Untuk pemilihan warna gaun sendiri akan sangat fleksibel dan bebas. Tapi kebanyakan warna gaun yang sering dipilih oleh pengantin adalah putih. Kalau kamu ingin tampil seperti putri kerajaan, silahkan tambahkan mahkota kecil sederhana sebagai sentuhan akhir hijab.

6. Gaun Panjang Aksen Peasant Sleeves

gaun pengantin syar'i simple tapi elegan
(sumber gambar: temonggo.com)

Inspirasi gaun pengantin syar’i simple tapi elegan selanjutnya adalah gaun panjang dengan aksen peasant sleeves. Model baju ini panjang bahkan sampai menyapu lantai. Dari segi ornamen juga nggak terlalu penuh dan terkesan simple tapi elegan. Hanya saja poin utama yang membuat gaun ini sangat menarik adalah model lengannya yang berbentuk peasant sleeves.

Peasant sleeves ini adalah model lengan yaang sedikit mengembang dibagian ujung bawahnya. Penggunaan sleeves model ini bertujuan supaya kamu tampil lebih bervolume dan terlihat segar. Nantinya agar lebih menarik lagi kamu bisa menambahkan wedding veil yang punya banyak motif di bagian ujungnya. Secara keseluruhan gaun ini terlihat sederhana dan syar’i tapi sangat menawan.

7. Gaun Kebaya dengan Kerudung Panjang

Untuk berbagai acara formal dan spesial, kebaya memang masih jadi pilihan terbaik sebagai outfitnya. Nah, kalau kamu ingin menggunakan kebaya saat menikah tapi takut membentuk lekukan tubuh terutama di bagian dada, maka model gaun ini bisa jadi opsi yang tepat. Pasalnya, gaun kebaya yang punya kerudung panjang bisa menutupi bagian depan tubuh agar nggak terlihat melekuk.

Nantinya supaya tampilan bagian depan kerudung itu nggak terlalu polos dan biasa, kamu bisa memilih kerudung yang punya detail bordirdan payet yang ramai. Khususnya di bagian dada. Setelah itu, supaya penampilan makin cantik kamu bisa menggunakan veil yang panjang dan menjuntai.

8. Gaun Longgar

Supaya kriteria syar’i baju pernikahan yang kamu pakai tetap terpenuhi, maka memakai gaun longgar bisa jadi pilihan yang tepat. Meski terkesan sederhana, tapi justru gaun ini terlihat sangat cantik, muslimah, sekaligus elegan. Saat memakainya pun kamu bisa lebih nyaman karena nggak terasa sempit dan membatasi ruang gerak.

Memang untuk model longgar akan sangat rawan membuat tubuh terlihat tenggalam atau kebesaran. Tapi kamu nggak perlu khawatir karena ada solusi untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan menggunakan aksen sabuk atau belt yang kamu pasang di bagian pinggang. Tujuan sabuk ini adalah untuk memberikan kesan langsing di gaun yang kamu pakai.

9. Gaun Penuh Brokat Tile 3D

Inspirasi gaun pengantin yang terakhir adalah gaun yang punya banyak aksen brokat tile 3D. Daripada model brokat biasa, brokat jenis tile akan terasa lebih hidup dan tampak bervolume saat dipakai. Inilah yang membuat penampilan gaun bisa lebih stand out dengan menggunakan brokat medel ini.

Nggak cuma itu, dari segi jahitan akan lebih halus dan nyaman jadi kamu nggak akan merasak gerah saat memakainya. Nantinya supaya kamu tampil lebih anggun, silahkan tambahkan juga sebuah wedding veil dengan warna yang seragam dengan pakaian.

Itulah 9 (sembilan) inspirasi gaun pengantin syar’i simple tapi elegan yang bisa kamu pilih. Semuanya tinggal kamu sesuaikan saja dengan konsep atau tema pernikahan dan juga preferensi model. Semoga bisa menjadi referensi di hari bahagia kamu ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *